Selasa, 14 Juli 2015

Murid Yang Pemalu


Ada murid yang pemalu dan ada murid yang sangat aktif. Murid yang pemalu tidak bisa ditangani dengan cara yang sama dengan murid yang aktif. Dalam pelajaran Bahasa Inggris terkadang murid yang pemalu dianggap sebagai murid yang memiliki kecepatan belajar Bahasa Inggris yang lebih rendah jika dibandingkan dengan murid yang aktif. Mengapa bisa seperti itu? Karena terkadang ada beberapa guru yang menilai kemampuan Berbahasa Inggris siswa dari kefasihan dan kelancarannya dalam berbicara.

Apakah benar siswa yang aktif jauh lebih hebat dibandingkan siswa yang pemalu? Siswa pemalu maupun aktif bukanlah sebuah jaminan seorang siswa bisa belajar dengan cepat atau tidak, kalau tidak percaya cobalah perhatikan teman-teman anda di sekolah. Terkadang anak-anak yang pemalu dan pendiam malah mendapatkan nilai-nilai ujian tulis yang lumayan atau bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan anak-anak yang biasanya aktif bicara di kelas. Mengapa hal ini bisa terjadi? Siswa yang punya sifat pemalu bukan berarti beliau bodoh, terkadang mereka sudah mengerti apa yang diajarkan tapi mereka masih belum memiliki keberanian untuk menyampaikan apa yang dia ketahui lewat perkataan. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris biasanya masa-masa ini disebut dengan “Silent Period” (Ingin tahu apa itu “Silent Period”? Silahkanklik di sini.)

Kemudian yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya mengatasi seorang murid yang pemalu? Seperti yang saya katakan sebelumnya murid yang pemalu tidak bisa ditangani seperti murid yang aktif. Murid yang pemalu cenderung lebih suka belajar sendiri dibandingkan harus bekerja kelompok atau harus presentasi di depan kelas, oleh karena itu cara yang paling tepat adalah memberikan materi dan tugas sebanyak mungkin kepada murid dalam bentuk buku-buku atau film-film yang nantinya bisa dia pelajari sendiri di rumah. Jika anda seorang Guru Privat sering-seringlah bertanya pada mereka tentang kesulitan yang mereka alami, karena terkadang mereka malu untuk bertanya. Jika anda sedang menjelaskan sebuah materi, tidak perlu buru-buru untuk memaksakan sang murid harus bisa di saat itu juga, coba berikan mereka waktu mempelajari materi tersebut seusai les selesai.

Silahkan klik link di bawah ini untuk membaca artikel lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar