Kamis, 16 Juli 2015

Murid Yang Pemalas


Banyak guru yang mengganggap bahwa murid yang pemalas adalah murid yang memilki kecepatan belajar yang rendah, benarkah demikian? Tentu saja benar, semakin malas seseorang untuk belajar maka semakin lama pula perkembangan proses belajarnya. Tapi apakah anak yang malas memang ditakdirkan tidak akan bisa belajar bahasa Inggris? Tentu saja tidak, mungkin tempo waktu belajarnya saja yang berbeda dengan anak yang rajin. Apakah ada sebuah solusi untuk mengatasi anak yang malas belajar? Pertama, kita harus tahu kenapa dia malas belajar bahasa inggris. Penyebabnya bisa bermacam-macam :

  1. Dia memang Anti bahasa Inggris, misalnya karena faktor agama atau kebenciannya pada budaya barat. Kalau masalahnya ini, maka bisa dipastikan sehebat apapun gurunya pasti akan kesulitan mengajar anak yang seperti ini. Karena sang anak sudah terlalu benci dan tidak mau untuk belajar.
  2. Dia malas karena dia menganggap belajar bahasa inggris itu membosankan dan sulit karena harus menghafalkan banyak kosa kata ditambah lagi harus patuh pada grammar yang telah ditetapkan. Jika itu masalahnya mungkin anda akan tertarik mebaca artikel Belajar Bahasa Inggris Sambil Nonton Film(klik link ini untuk membaca artikelnya) . Dengan metode tersebut maka secara tidak langsung anda akan menghafalkan banyak kosa kota tanpa anda sadari dan anda akan terbiasa menyusun kalimat dalam bentuk bahasa inggris tanpa belajar grammar terlebih dahulu.
  3. Dia malas karena sang guru terlalu banyak memberikan tugas yang bagi dia cukup memberatkan. Karena tidak bisa kita pungkiri ada beberapa anak yang punya prinsip, kalau belajar ya disekolah di rumah ya waktunya main bukan lagi waktunya belajar. Untuk mengatasi murid yang seperti ini ada baiknya bagi sang guru untuk tidak memarahinya jika dia tidak mengerjakan PR atau tugas, karena jika beliau dimarahin malah dia akan benci dan tidak mau belajar saat kelas telah dimulai. Jadi lebih baik materi dioptimalkan saat di kelas dibandingkan harus memberikan tugas yang ternyata malah tidak dia kerjakan dan membuat kita marah.
  4. Dia malas karena kemampuan bahasa inggris teman-temannya jauh lebih tinggi dibandingkan dirinya. Akibatnya dia harus mempelajari sesuatu yang levelnya terlalu tinggi bagi murid tersebut dan akibatnya bukannya malah rajin belajar tapi malah menyerah dan malas untuk belajar bahasa inggris. Jadi ada baiknya sang anak memanggil Guru Privat untuk mengajari materi yang belum dia ketahui agar dia bisa mengejar teman-temannya.
Sebenarnya ada banyak sekali penyebab murid jadi malas untuk belajar bahasa inggris yang tidak mungkin saya rangkum jadi satu dalam artikel yang pendek ini. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa anak yang malas pun masih bisa belajar bahasa inggris asalkan sang guru mengetahui penyebab dia malas dan tidak terburu-buru memaksa sang anak untuk langsung paham atas materi yang diberikan.

Silahkan klik link di bawah ini untuk membaca artikel lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar