Kamis, 16 Juli 2015

Apa itu “Silent Period”?


Silent Period adalah sebuah masa dimana seseorang sudah mengerti teori cara menggunakan Bahasa Inggris yang benar tetapi beliau masih belum bisa mengaplikasikannya dalam bentuk percakapan dengan orang lain. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Seseorang yang paham teori saja tidak bisa menjadi jaminan kalau dia nanti bisa langsung lancar bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya cobalah ingat masa-masa anda masih belajar naik sepeda. Sebelum naik sepeda biasanya anda belajar dulu cara menggunakan sepeda (Teori), apakah setelah anda tahu cara menggunakan sepeda kemudian anda bisa menggunakan sepeda dengan cepat seperti orang-orang yang sudah terbiasa naik sepeda sebelumnya? 

Jawabannya tentu saja tidak, anda harus belajar pelan-pelan terlebih dahulu untuk melatih keseimbangan dan ketenangan anda dalam menaiki sepeda, setelah anda sudah bisa seimbang dan tenang dalam menaiki sepeda maka anda bisa adu balap sepeda dengan teman-teman anda yang sudah mahir bersepeda. Belajar Bahasa Inggris juga begitu anda harus melatih ketenangan, keberanian, dan kelancaran Bahasa Inggris Anda.

Di sini saya tidak akan mengajarkan anda cara melatih ketenangan dan keberanian, karena hal tersebut sifatnya sangat personal dan tergantung pada situasi yang anda hadapi. Kalau tidak percaya saya ambilkan sebuah contoh sederhana. Ada seorang murid yang di suruh maju ke depan kelas untuk memperkenalkan dirinya dan meceritakan pengalaman pribadinya menggunakan Bahasa Inggris. Dan saat maju di depan kelas, siswa ini hanya mengatakan dua tiga patah kalimat kemudian terdiam gemetaran sambil meneteskan keringat.  Padahal sebelum kelas dimulai siswa ini bisa dengan lancar latihan memperkenal diri serta menceritakan pengalaman pribadinya menggunakan Bahasa Inggris bersama teman sebangkunya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Saya rasa saya tidak perlu menjawabnya karena saya yakin anda sudah tahu jawabannya.

Kemudian yang menjadi sebuah pertanyaan bagaimana caranya melatih kelancaran anda dalam Berbahasa Inggris? Untuk melatih kelancaran Berbahasa Inggris sebenarnya anda harus rajin menggunakannya. Jadi bisa disimpulkan anda harus rajin bercakap-cakap menggunakan Berbahasa Inggris. Berikut cara-cara yang bisa anda gunakan :

Tinggal di Negeri Native Speaker (Unrecommended)
Cara yang pertama anda harus tinggal di negara yang biasa menggunakan Bahasa Inggris sehingga anda bisa latihan bercakap-cakap dengan mereka. Kemudian akan muncul beberapa pertanyaan, apakah orang yang akan anda ajak bicara nanti bisa menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia jika ada beberapa perkataannya yang sekiranya anda tidak mengerti? Apakah dia akan sabar menunggu anda membuka kamus jika anda sering buka kamus hanya untuk bercakap-cakap saja? Apakah dia memang seorang penggangguran yang tidak punya keperluan sehingga dia harus menemani anda bercakap-cakap sampai berjam-jam?

Mengundang Bule ke Rumah (Unrecommended)
Cara yang kedua anda harus Les Privat bersama Bule atau Orang Indonesia yang sudah fasih dan lancar berbahasa Inggris sehingga anda bisa leluasa latihan bercakap-cakap dengan mereka. Kemudian akan muncul sebuah pertanyaan, apakah anda memang memiliki cukup dana untuk setiap harinya mengundang Guru Privat ke rumah anda hanya sekedar untuk bercakap-cakap saja? Saya sendiri saja mematok harga Rp 50.000 per 3 jam / pertemuan, belum lagi kalau anda mengundang seorang Bule pastinya harganya akan jauh lebih mahal. Dan yang perlu anda ingat anak bayi yang katanya memiliki kecerdasan lebih besar dari kita saja membutuhkan waktu 3 tahun sampai dia bisa lancar Berbahasa Indonesia, masih ingat pada umur berapa anda mulai fasih berbicara?

Belajar Bahasa Inggris Sambil Nonton Film (Recommended)
Cara ketiga adalah belajar Bahasa Inggris sambil Nonton Film. Cara inilah yang sebenarnya ingin saya rekomendasikan untuk anda.  Jadi anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri atau berulang-kali mengudang Bule untuk datang ke rumah anda hanya sekedar untuk bercakap-cakap saja. Saya sebagai Guru Privat  akan mengajari anda cara memahami sebuah dialog yang terdapat dalam sebuah Film. Jika anda memang rajin cukup 10 pertemuan saja maka anda akan mampu belajar meningkatkan Bahasa Inggris anda hanya melalui Nonton Film saja. Jika anda tidak percaya silahkan klik link ini untuk membaca Artikel Belajar Bahasa Inggris Sambil Nonton Film.

0 komentar:

Posting Komentar